Strategi Membangun Budaya Disiplin Siswa di Era Pandemi Covid-19

  • Nadiyatul Jannah Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyanto Supriyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Covid 19  membuat proses belajar mengajar dilaksanakan dirumah menggunakan sistem daring. Hal ini membuat SMA Hang Tuah 1 Surabaya mengalami kesulitan dalam membangun budaya disiplinnya, karena sebelum adanya covid sekolah ini menerapkan budaya disiplin yang tinggi. oleh karena itu peneliti mengambil penelitian dengan judul “Strategi Membangun Budaya Disiplin Siswa Di Era Pandemic Covid 19 Pada SMA Hang Tuah 1 Surabaya”. Rumusan masalah menyangkut Sosialisasi, Implementasi dan Evaluasi budaya disiplin siswa diera pandemic covid. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi yang dilakukan sekolah baik dalam proses sosialisasi, implementasi dan evaluasi yang digunakan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sosialisasi SMA Hang Tuah 1 Surabaya  adalah mengajak seluruh komponen sekolah untuk saling bekerjasama dan ikut andil dalam menghadapi perubahan pembelajaran (2) SMA Hang Tuah 1 Surabaya memiliki 2 implementasi pembelajaran yakni daring dan luring yang mana budaya disiplin tetap diperhatikan seperti absensi siswa, pengumpulan tugas, bahasa yang digunakan siswa dan kehadiran siswa saat pembelajaran serta penerapan protokol kesehatan (3) SMA Hang Tuah 1 Surabaya mengevaluasi dengan menindaklanjuti siswa yang bermasalah dengan diberi  peringatan atau tugas yang sesuai, mendatangkan orang tua siswa ke sekolah juga home visit kerumah siswa.

 

Published
2021-06-08
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 1207