Pengaruh Pengaruh Blended Learning Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Siswa Di Sma Negeri Olahraga Sidoarjo

  • Anisha Ayu Lestari Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyanto Supriyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara blended learning dan kompetensi profesioanal guru terhadap prestasi siswa di SMA Negeri Olahraga Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sample simple random sampling sebanyak 68 siswa. Berdasarkan hasil analisis data dari Uji T, variabel blended learning (X1) diperoleh nilai T hitung dan T tabel sebesar 3, 465>1,998 dan nilai signifikan sebesar 0,001<0,05. Kemudian untuk variabel kompetensi profesional guru (X2) diperoleh nilai T hitung dan T tabel sebesar 2,717>1,998 dan nilai signifikan sebesar  0,008<0,05. Sehingga disimpulkan bahwa variabel blended learning (X1) dan variabel kompetensi profesional guru (X2) memiliki pengaruh terhadap prestasi siswa (Y) di SMA Negeri Olahraga Sidoarjo. Berdasarkan hasil analisis data dari Uji F didapat nilai F hitung dan F tabel sebesar 62,663>3,14 dan nilai signifikan sebesar 0,000< 0,05. Sehingga disimpulkan bahwa blended learning dan variabel kompetensi profesional guru berpengaruh secara simultan terhadap prestasi siswa di SMA Negeri Olahraga Sidoarjo. Tingkat pengaruh yang diberikan adalah sebesar 0,658 atau 65,8%. Oleh sebab itu, blended learning yang sesuai serta kompetensi profesional guru yang berkualitas merupakan faktor pendukung dalam upaya peningkatan prestasi siswa selama proses pemebelajaran yang berlangsung di lembaga pendidikan.

Published
2021-06-07
Section
Articles
Abstract View: 30
PDF Download: 12