Pelaksanaan Lesson Study Guna Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dalam Perspektif Peer Supervision

  • Berliana Rosita Unesa
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Artikel ilmiah ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan profesionalitas guru melalui praktik lesson study guna meningkatkan kualitas pembelajaran dalam perspektif peer supervision. Metode artikel ilmiah ini yaitu kajian literatur dengan menganalisis artikel dalam jurnal nasional maupun internasional serta buku. Adapun tahapan dalam penelitian ini yaitu identifikasi topik permasalahan, klasifikasi data penelitian, analisis data dan penarikan kesimpulan dan saran. Hasil studi literatur dalam penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan lesson study dalam perspektif supervisi teman sejawat dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Proses pelaksanaan lesson study sendiri Lewis membagi dari lima tahapan utama yakni membentuk kelompok, merencanakan research lesson, mengamati, mendiskusikan dan menganalisis pembelajaran serta merefleksikan praktik Lesson study. Pada artikel ilmiah ini menjelaskan terdapat tiga tahapan utama dalam pelaksanaan lesson study yaitu Plan (merencanakan), do (melaksanakan), dan see (merefleksikan). Adapun faktor yang mempengaruhi yaitu (1) Hubungan kerja yang harmonis antara guru-guru, (2) Analisa kebutuhan yang hakiki. (3) Strategi dan media untuk menunjang supervisi teman sejawat. (4) Penilaian yakni proses sistematik untuk menentukan tingkat keberhasilan yang dicapai. (5)  Perbaikan sesuai dengan hasil penilaian yang telah dilakukan. Pada penelitian ini juga ditemukan hambatan dan strategi yang dapat diterapkan oleh stakeholder terkait dalam proses pelaksanaan lesson study.

Published
2021-06-10
Section
Articles
Abstract View: 13
PDF Download: 35