Strategi Sekolah dalam Membangun Brand Image

  • Faisal Hakim Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Syahidul Haq

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan informasi dan menelaah bagaimana membangun brand image bagi sekolah agar sekolah mampuan dalam mecitrakan sekolah nya kepada masyarakat, dengan melihat semakin banyak nya bermunculan sekolah baru setiap tahun nya akan memperketat persaingan jika sekolah tidak mampu memperkenal kan personanya. Penulisan artikel ini menggunakan metode studi litelatur dengan menelaah 10 jurnal nasional dan 10 jurnal internasional sehingga memperoleh data. Hasil dari telaah jurnal tersebut mendapatkan hasil dalam proses membangun brand image memiliki faktor - faktor yang mempengaruhi brand image diantaranya: 1) keunggulan, 2) kekuata dan 3) keunikan. penerapan brand image dalam membangun, tentu memerlukan strategi. Strategi yang dihasilkan artikel ini antara lain ada dua yaitu strategi brand image internal dan eksternal, strategi internal yaitu membangun total quality management yaitu dengan mengupgrade keseluruhan meliputi antara lain 1) akreditasi kelembagaan, 2) profesionalitas tenaga pendidik dan kependidikan, 3) prilaku siswa, 4) kegiatan unggulan sekolah, 5) prestasi siswa, 6) kualitas lulusan, 7) hubungan alumni. Strategi ekternal yaitu merupakan kegiatan marketing dengan langkah unware of brand. Dengan singkron nya keseluruhan aspek diatas maka akan terciptanya brand image sesuai harapan.

Published
2021-05-26
Section
Articles
Abstract Views: 774
PDF Downloads: 1730