Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Karakter

  • Putri Ayu Arfiariska Universitas Negeri Surabaya
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan telaah literatur mengenai implementasi manajemen peserta didik dalam perspektif pendidikan karakter. Selaras dengan tujuan penulisan tersebut, penulisan ini memakai metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah Studi Literatur dengan menganalisis dari 10 artikel nasional dan 10 artikel internasional. Berdasarkan dari analisa jurnal-jurnal penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwasanya manajemen peserta didik dalam perspektif pendidikan karakter didefinisikan sebagai aktivitas yang berhubungan dengan pengelolaan kegiatan peserta didik yang dimulai dari sejak mereka masuk kesekolah hingga dinyatakan sebagai alumni dan bertujuan untuk melakukan penanaman nilai nilai karakter terhadap peserta didik. Tujuan dari manajemen peserta didik dalam perspektif pendidikan karakter ialah untuk menyadarkan dan mengusahakan aktifnya peserta didik terhadap permasalahan dan kondisi sosial yang ada disekitarnya, yang kemudian dapat meningkatkan tujuan hidup melalui proses pembentukan karakter yang dilakukan secara terus-menerus. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dapat diterapkan dan dikemas ke dalam tiga ranah yakni kognitif, afektif, dan psikomotorik. Selain itu, jurnal-jurnal yang telah dikaji juga menjelaskan bahwa manajemen peserta didik dalam perspektif pendidikan karakter memiliki implikasi positif terhadap nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh peserta didik.

Published
2021-06-09
Section
Articles
Abstract View: 108
PDF Download: 75