Pengaruh Kompetensi Manejerial Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa

  • Khansa Aida Wibowo unesa
  • Supriyanto Supriyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling sebanyak 88 siswa. Berdasarkan hasil analisis data dari uji T, variabel kompetensi manajerial kepala sekolah (X1) didapat nilai Thitung dan Ttabel sebesar 2,473>1,988 dan nilai signifkan sebesar 0,015<0,05. Kemudian untuk variabel kinerja guru (X2) didapat nilai Thitung dan Ttabel sebesar 3,495>1,988 serta nilai signifikan sebesar 0,001<0,05 sehingga disimpulkan bahwa variabel kompetensi manajerial kepala sekolah dan kinerja guru memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa (Y) di SMP Negeri 2 Sidoarjo. Berdasarkan hasil analisis data dari Uji F didapat nilai Fhitung dan Ftabel sebesar 51,824>3,10 dan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Sehingga disimpulkan bahwa variabel kompetensi manajerial kepala sekolah (X1) dan kinerja guru (X2) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa (Y) di SMP Negeri 2 Sidoarjo. Tingkat pengaruh yang diberikan adalah sebesar 0,549 atau 55%. Oleh sebab itu, kompentensi manajerial yang mumpuni serta kinerja guru yang berkualitas merupakan faktor pendukung dalam upaya peningkatan prestasi belajar siswa dalam suatu lembaga pendidikan.

Kata Kunci: kompetensi manajerial kepala sekolah, kinerja guru, prestasi belajar siswa.

ABSTRACT

This research aims to determine the effect of principal managerial competence and teacher performance on student achievement at SMP Negeri 2 Sidoarjo. This research uses quantitative methods with simple random sampling as many as 88 students. Based on the results of data analysis from the T-test, the principal managerial competence variable (X1) obtained the value of T-count and T-table of 2.473>1.988 and a significant value of 0.015<0.05. Then for the teacher performance variable (X2), the value of T-count and T-table was 3.495>1.988 and a significant value of 0.001<0.05, so it was concluded that the principal managerial competence and teacher performance influenced learning achievement student (Y) at SMP Negeri 2 Sidoarjo. Based on the results of data analysis from the F test, it was found that the F-count value of 51.824 was greater than the F-table 3.10 and a significant value of 0.000<0.05. So it is concluded that the principal managerial competence variable (X1) and teacher performance (X2) have an effect on student achievement (Y) at SMP Negeri 2 Sidoarjo. The level of influence given is 0.549 or 55%. Therefore, qualified managerial competence and quality teacher performance are supporting factors in efforts to increase student learning achievement in an educational institution.

Keyword: principal managerial competence, teacher performance, student achievement.

Published
2021-06-09
Section
Articles
Abstract View: 30
PDF Download: 32