Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Keefektifan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi

  • Novilia Dwi Hermanda Universitas Negeri Surabaya
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Belum meredanya wabah covid 19 mengakibatkan sistem pembelajaran daring masih terus dilakukan. Hal ini justru menjadi tantangan tersendiri bagi pendidik dan peserta didik dalam melakukan proses pembelajaran. Ketidakefektifan yang dirasakan justru menimbulkan masalah baru yaitu menurunnya kualitas pendidikan dan minat belajar siswa. Supervisi akademik merupakan serangkaian kegiatan membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran sesuai capaian tujuan pembelajaran. Penerapan supervisi akademik dalan pembelajaran daring menjadi upaya dalam menangani kesulitan yang dihadapi guru untuk memperbaiki proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik terhadap keefektifan pembelajaran daring pada masa pandemi di SMA Negeri se kota Surabaya Barat. Populasi ini meliputi seluruh guru aktif di SMA Negeri se kota Surabaya Barat dengan menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengambilan sample simple random sampling sejumlah 132 guru.
Berdasarkan hasil analisis data, nilai thitung variabel supervisi akademik (X) terhadap efektivitas pembelajaran daring (Y) sebesar 6,153. Nilai thitung diketahui lebih besar dari nilai ttabel yaitu sebesar 1.97 dengan nilai signifikan yang diperoleh 0,00 dengan nilai signifikan < 0,05, sehingga dapat disimpulkan supervisi akademik berpengaruh secara signifikan terhadap variabel efektivitas pembelajaran daring pada masa pandemi di SMA Negeri se Kota Surabaya Barat. Supervisi akademik (X) berkontribusi terhadap efektivitas pembelajaran daring (Y) sebesar 0,226 atau 22,6%. Oleh karena itu, supervisi akademik menjadi salah satu faktor berpengaruh terhadap keefektifan pembelajaran daring pada masa pandemi saat ini.
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Efektivitas Pembelajaran Daring, Pandemi

Published
2021-06-14
Section
Articles
Abstract Views: 446
PDF Downloads: 318