Implementasi Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19

  • Mega Sonya Putri Wirdayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyanto Supriyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses implementasi manajemen pembelajaran pada masa pandemi covid-19 yang dalam era globalisasi dan revolusi saat ini menuntut sekolah untuk melakukan sebuah inovasi dalam pembelajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini yakni Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan  Guru Mata Pelajaran di SMA Negeri 1 Krian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik, membercheck, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas.Hasil penelitian adalah sebagai berikut,perencanaan yang dilakuakn pada masa pandemi covid adalah dengan mengembangkan sebuah web e-learning bernama moodle dan juga menyediakan 7 studio khusus dalam kelas yang membantu jalannya proses pembelajaran jarak jauh. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode konferensi video, penugasan tertulis dan praktek. Aplikasi utama yang digunakan adalah moodle, microsoft teams dan whatsapp. Tahapan yang dilakukan yakni kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Dan evaluasi pembelajaran meliputi 2 penilaian yaitu aspek pengetahuan dan keterampilan. Aspek pengetahuan diambil dari tugas, latihan soal dan diskusi tanya jawab, sedangkapn keterampilan diambil dari proyek dan praktikum sederhana.

Kata Kunci :Manajemen Pembelajaran, Pandemi Covid-19

Published
2021-06-15
Section
Articles
Abstract View: 41
PDF Download: 695