Strategi Humas dalam Meningkatkan Pemasaran Sekolah Menengah Kejuruan Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Network Marketing

  • Novia Setia Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo

Abstract

Artikel ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi humas dalam meningkatkan pemasaran sekolah di masa pandemi COVID-19 melalui network marketing. Penulisan artikel ilmiah ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data studi pustaka yakni dengan cara menganalisa beberapa artikel dan buku yang terdiri dari 10 artikel nasional, 10 artikel internasional dan 18 buku sehingga dapat memperoleh data berupa kajian teks untuk kemudian dianalisis dan disimpulkan untuk mendapatkan hasil penelitian yang sesuai dengan topik penelitian. Hasil dari penulisan artikel ilmiah ini adalah 1) Penerapan marketing mix dalam masa pandemi COVID-19 dapat dilakukan dengan penerapan 7 unsur pemasaran secara daring dengan mengoptimalkan media sosial sekolah seperti website sekolah dan akun youtube sekolah. 2) Pemasaran dalam konteks pendidikan perlu adanya jaringan pemasaran agar pemasaran yang dilakukan dapat optimal dan lembaga dapat mudah mendapatkan pelanggan (peserta didik). 3) Dalam menentukan strategi pemasaran humas dapat melakukan analisis terhadap lingkungan sasaran, merencanakan program pemasaran yang akan dilakukan, pengorganisasian tim pemasaran, pelaksanaan program pemasaran, dan pemantauan hasil dari kegiatan pemasaran yang telah dilakukan. Hal ini dilakukan dengan agar pemasaran sekolah yang dilakukan dapat menghasilkan kepuasan pelanggan sehingga target peserta didik di sekolah dapat dicapai oleh sekolah.

Kata kunci : strategi humas, pemasaran sekolah, network marketing

 

Published
2021-06-06
Section
Articles
Abstract View: 211
PDF Download: 454