Program Literasi Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa

  • Ahmad Haidar Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Sholeh Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji isi dari artikel yang telah dipilih untuk melihat hasil dari penerapan progam literasi sekolah dalam upaya meningkatkan minat baca siswa. Metode penulisan studi literatur menggunakan pendekatan penelitian konseptual yang berkaitan dengan ide dan teori tahapan-tahapan dalam penulisan studi literatur meliputi menyeleksi topik, mencari literatur mengembangkan pendapat, survei literatur, kritik literatur,dan menulis review. analisis yang digunakan mengunakan analisis isi. Berdasarkan hasil analisis jurnal referensi diperoleh dua faktor yang dapat menunjang minat baca siswa yakni perpustakaan sekolah dan progam literasi. Perpustakaan sebagai sumber sarana informasi yang dibutuhkan oleh siswa sekaligus berperan sebagai promotor dalam program literasi dan progam - progam literasi yang sesuai dengan kondisi sekolah serta kebutuhan sekolah sehingga mampu memotivasi siwa untuk gemar membaca sekaligus dapat menambah wawasan bagi siswa agar berprestasi.

Kata Kunci: Literasi, Minat Baca

Published
2021-06-09
Section
Articles
Abstract View: 12
PDF Download: 278