Pengelolaan Sekolah Ramah Anak untuk Meningkatkan Karakter Siswa

  • Dany Andriyan Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tentang pengelolaan yang dilakukan oleh sekolah ramah anak dalam melakukan peningkatan karakter siswa. Metode yang dipakai dalam penelitian ini ialah metode studi literatur atau dengan cara mengumpulkan pustaka dari jurnal nasional, jurnal internasional dan juga buku lalu di analisis memakai metode analisis studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya pendidikan karakter pada sekolah merupakan hal yang penting, hal tersebut dikarenakan pendidikan karakter mampu menjadikan anak anak mampu menjadigenerasi yang mampu mengaplikasikan nilai-nilai religi dan moral yang berlaku dimasyarakat. Pendidikan ramah anak sendiri ialah pendidikan yang mengimplementasikan 3P dalam prosesnya yakni provisi, proteksi dan partisipasi, dengan provisi yang berarti segala pemenuhan hak yang menjadi kebutuhan dari siswa, seperti kasih sayang, rasa dihargai, kenyamanan dan lain sebagainya. proteksi yang berarti pemenuhan hak siswa atas perlindungan dari rasa takut, ancaman, pembulian, ataupun tekanan yang berlebihan, partisipasi yang berarti hak siswa dalam berperan aktif untuk berpartisipasi dalam megikuti proses pendidikan

Published
2021-06-10
Section
Articles
Abstract View: 38
PDF Download: 27