Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Ken Blanchard-Paul Hersey

  • Nanik Wahyuningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan gaya kepemimpinan situasional yang dipopulerkan oleh Ken Blanchard dan Paul Hersey dalam pelaksanaan tugas dan fungsi seorang kepala sekolah. Penulisan artikel ini menggunakan metode studi literatur. Data dan informasi diperoleh dengan mengkaji jurnal penelitian nasional, jurnal penelitian internasional serta buku dan sumber lain yang relevan dengan gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah. Kajian literatur dilakukan melalui tahapan: 1) Mencari sumber literatur yang relevan dengan topik artikel; 2) Menganalisis data dan informasi yang didapat; 3) Mengembangkan dan menyimpulkan hasil analisis literatur. Hasil analisa dari kajian literatur menunjukan bahwa kepemimpinan situasional kepala sekolah berdasarkan pendekatan teori kepemimpinan situasional Ken Blanchard dan Paul Hersey dijalankan kepala sekolah dengan membangun kesiapan guru dan tenaga kependidikan untuk melaksanakan tugas dan kewajiban dalam proses pembelajaran di sekolah, dengan melalui empat gaya kepemimpinan situasional yang ada, yaitu gaya telling, selling, participating dan delegating. Penggunaan empat gaya kepemimpinan situasional yang sesuai dengan tingkat kesiapan atau kematangan guru dan tenaga kependidikan akan menjadikan kepemimpinan kepala sekolah lebih efektif dalam mencapai tujuan pendidikan.

Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Situasional, Kepala Sekolah, Ken Blanchard-Paul Hersey

 

Published
2021-06-12
Section
Articles
Abstract View: 20
PDF Download: 314