Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar

  • Eli Nur Azizah Universitas Negeri Surabaya
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kinerja guru sekolah dasar dalam mengelola proses pembelajaran masih perlu adanya perhatian dari kepala sekolah melalui kegiatan superivisi akademik. Supervisi akademik dilaksanakan dalam proses pembinaan, pendampingan serta pengembangan pada kinerja guru. Tujuan penulisan artikel ilmiah ini yaitu untuk menganalisis supervisi akademik terhadap kinerja guru sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah studi literatur penelitian kepustakaan melalui jurnal dengan mengumpulkan data serta referensi terkait dengan topik artikel. Hasil mengkaji jurnal serta beberapa referensi ditemukan bahwa peran kepala sekolah dalam mengefektifkan kinerja guru yaitu dengan melakukan supevisi akademik. Kepala Sekolah sebagai supervisor memiliki wewenang untuk memberikan pembinaan serta pengembangan terhadap kinerja guru sekolah dasar. Supervisi akademik oleh kepala sekolah dilakukan supaya membantu guru dalam memperbaiki maupun membenahi proses pembelajaran yang lebih berkualitas. Adapun tahapan yang terdapat dalam supervisi akademik yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi. Dengan adanya tahapan tersebut bertujuan agar supervisi akademik berjalan secara terpola dan terarah sehingga dapat mencapai apa yang telah ditargetkan. Supervisi akademik kepala sekolah berdampak positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru sehingga dapat memberikan kontribusi secara nyata terhadap meningkatnya kinerja guru sekolah dasar. Dalam melakukan supervisi akademik kepala sekolah menggunakan teknik supervisi akademik serta berpedoman pada prinsip supervisi akademik.

Kata kunci: supervisi akademik, kinerja guru, sekolah dasar.

 

 

Published
2021-07-03
Section
Articles