Pelaksanaan Program Home Visit dalam Menunjang Pembinaan Karakter Religius dan Mandiri Siswa di SMP Al-Hikmah Surabaya

  • Umilatifah Dianayu Permatasari Universitas Negeri Surabaya
  • Karwanto Karwanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis terkait pelaksanaan program home visit dalam menunjang pembinaan karakter religius dan mandiri , faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan program, dan upaya peningkatan program home visit di SMP Al-Hikmah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Wali Kelas, Mitra Wali Kelas, Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis mendalam  partisipan melalui tiga langkah yaitu kondensasi data, penyajian data dan verifikasi hasil simpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik, membercheck, uji transferabilitas untuk menyediakan data deskriptif, uji dependabilitas dengan melakukan audit diseluruh proses penelitian dengan dosen pembimbing skripsi, dan uji konfirmabilitas untuk menguji hasil penelitian yang dilakukan. : 1) pelaksanaan program home visit dalam menunjang pembinaan karakter religius dan mandiri siswa di SMP Al-Hikmah dilakasanakan secara rutin pada hari sabtu setiap pekan kedua. Petugas pelaksana kegiatan adalah  guru Wali Kelas bersama dengan Mitra Wali Kelas. kegiatan home visit bertujuan untuk menjalin komunikasi dan silaturrahmi yang baik antara sekolah dengan orang tua siswa yang bertujuan untuk membimbing siswa menumbuhkan nilai-nilai karakter. Penyusunan jadwal pelaksanaan program dilakukan oleh wali kelas. Penanggunjawab program home visit adalah Kepala Sekolah dengan Waka Kesiswaan. 2) Faktor pendukung pelaksanaan program antara lain dukungan dari sekolah, kerjasama antara wali kelas dengan mitra wali kelas, komunikasi dua arah. Bentuk dukungan lain yang mendukung program home visit adalah tanggapan orang tua dan siswa serta kegiatan-kegiatan pendukung pembinaan karakter religius dan mandiri siswa di sekolah. Faktor penghambat pelaksanaan program antara lain jarak rumah siswa yang harus ditempuh, waktu penentuan jadwal dengan orang tua siswa. 3) upaya peningkatan program home visit laporan pelaksanaan program yang dilakukan setiap selesai kegiatan, evaluasi rutin setiap akhir semester, usaha peningkatan program dilakukan dengan melihat hasil evaluasi yang dilakukan.

Published
2021-07-14
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 309