Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Literasi Di Sekolah Menengah Pertama

  • Erly Falentin Universitas Negeri Surabaya
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Literasi adalah sarana siswa untuk mengetahui, memahami, serta mempraktikkan pembelajaran sekolah, melalui kegiatan dasar yaitu membaca. Bagi siswa sekolah menengah pertama, peran literasi sangatlah penting untuk memberi pengalaman belajar dan sebagai dasar mengembangkan kecakapan dirinya yang sekaligus sebagai bekal menghadapi jenjang pendidikan selanjutnya dan dunia kerja. Hal tersebut membuat kepala sekolah berupaya untuk meningkatkan kualitas literasi siswa, dengan mengembangkan budaya literasi melalui program yang mendukung. Sedangkan, untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan keterlibatan seluruh warga sekolah. Sehingga, kepala sekolah perlu melakukan peran kepemimpinannya untuk mengajak warga sekolah untuk bekerja sama, agar upaya pengembangan budaya literasi berjalan dengan baik, dan kualitas literasi siswa semakin baik dan berkualitas. Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi, khususnya pada jenjang sekolah menengah pertama. Sedangkan penulisannya menggunakan studi literatur, dengan tahapan-tahapannya yaitu: menyeleksi topik pembahasan, mencari sumber literatur, mengelompokkan bahan dan hasil review, dan proses menulis.  Sementara itu, analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis isi dengan model deskriptif  kualitatif. Sehingga hasilnya adalah: 1) Peran kepala sekolah sebagai pembuat kebijakan; 2) Peran kepala sekolah sebagai motivator; 3) Peran kepala sekolah sebagai teladan; 4) Peran kepala sekolah sebagai penanggung jawab.

Kata kunci: kepemimpinan, kepala sekolah, budaya, literasi siswa

Published
2021-07-01
Section
Articles