Pengambilan Keputusan Partisipatif Kepala Sekolah dalam Mutu sekolah

  • Putri Erdiana Agoustin Universitas Negeri Surabaya
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Mutu Sumber Daya Manusia di Indonesia yang rendah pada saat ini membuat kualitas pembelajaran di sekolah harus semakin ditingkatkan. Kepala Sekolah sebagai pemimpin berperan penting dalam menjamin mutu sekolah dengan melalui pengambilan keputusan partisipatif yang tepat. Tujuan penulis dalam artikel ini adalah untuk menganalisis penentuan kebijakan partisipatif Kepala Sekolah untuk memperbaiki kualitas sekolah. Metode yang digunakan adalah studi litelatur yaitu sebuah penelitian kepustakaan melalui beberapa jurnal dan referensi. Dari hasil mengkaji beberapa jurnal serta referensi, ditemukan bahwa Kepala Sekolah sebagai pemimpin organisasi di sekolah harus mampu meningkatkan mutu sekolah dengan melalui pengambilan keputusan partisipatif yang tepat. Hasil dari penulisan artikel ini ialah Kepala Sekolah mengambil keputusan partisipatif untuk meningkatkan mutu sekolah, perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut: 1) Peran Kepala Sekolah dalam menentukan kebijakan partisipatif. 2) Strategi pemilihan kebijakan partisipatif Kepala Sekolah dalam mutu sekolah ialah Melakukan musyawarah dan kepentingan bersama dan Focus Group Discussion (FGD) 3) Terdapat empat teknik pengambilan keputusan partisipatif, yaitu sumbang saran (Brainstorming), teknik kelompok nomimal (The nominal group technique NGT), dan kelompok kualitas (Quality circles).

Kata Kunci : pengambilan keputusan partisipatif, kepala sekolah, mutu sekolah

 

 

 

Published
2021-07-12
Section
Articles