Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh

  • Anggun Yeliany Universitas Negeri Surabaya
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Di masa pandemi ini, pendidik dituntut untuk menggunakan media dalam pembelajaran daring sehingga pembelajaran dan interaksi peserta didik tetap berlangsung secara efisien dan efektif serta mencapai tujuan pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis tentang efektivitas pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Metode yang digunakan dalam artikel ini ialah studi literature yaitu penelitian kepustakaan melalui beberapa jurnal dan referensi buku lainnya. Dari hasil mengkaji beberapa jurnal serta referensi, ditemukan bahwa guru sebagai pendidik harus mampu meningkatkan kualitas pembelajaran agar pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Hasil dari penulisan artikel ini ialah dalam proses pembelajaran jarak jauh agar pembelajaran berjalan efektif harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut: (1) Model pengajaran guru dalam proses pembelajaran sangatlah penting pada saat pembelajaran jarak jauh, dikarenakan peserta didik sulit untuk menerima materi dari guru, maka guru harus dapat menggunakan model pengajaran yang menarik; (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran jarak jauh, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar sistem pembelajaran jarak jauh dapat berjalan dengan baik, yaitu percaya diri, perhatian, pengalaman, motivasi, peralatan belajar, dan kreatifitas dalam menggunakan media serta mampu menjalin interaksi dengan peserta didik; (3) Prinsip dan syarat dalam pembelajaran jarak jauh merupakan esensi dari segala usaha pendidikan untuk mengantarkan anak tumbuh dan berkembang menuju kematangan, kemandirian dan kedewasaan.

Kata kunci : guru, efektivitas pembelajaran, pembelajaran jarak jauh

 

Published
2021-07-12
Section
Articles