Article Implementasi Model CIPP Pada Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan

Implementation CIPP Model On Education and Training Leadership

  • Sri Kurnia Abdi Pradhana Universitas Negeri Surabaya
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari Artikel ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Aparatur Sipil Negara (ASN), Sehingga dapat dimanfaatkan oleh para pembuat kebijakan untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi manajerial pada institusi pemerintah yang merupakan tindak lanjut dari implementasi Diklatpim. Telaah Artikel ini menggunakan metode studi literature yaitu dengan cara menghimpun data-data atau sumber-sumber yang berhubungan dengan topik yang diangkat. Dari beberapa jurnal telah mendalami kajian evaluasi model CIPP (Context, Input, Process dan Product). Evaluasi dilakukan terhadap pelaksanaan Diklatpim yang dilaksanakan pada periode tahun 2014 – 2020 oleh BPSDM yang ada di berbagai daerah Indonesia. Hasil Evaluasi Context menunjukkan penyelenggara Diklatpim agar lebih memperhatikan konteks organisasi dan sasaran program yang direlevansikan dengan landasan hukum  penyelenggaraan Diklatpim serta pedoman – pedoman terkait lainnya sehingga membentuk frame yang seragam dan berdampak pada penguatan rasional penyelenggarann dan perencanaan program. Pada Evaluasi Input menunjukkan masih perlunya perencanaan yang lebih matang pada penyelenggaraan Diklatpim terutama dalam hal menilai kemampuan sistem, alternatif strategi program, budgetting dan sumber daya manusia seperti widyaiswara dan pedoman materi sehingga unsur – unsur yang menunjang tujuan program dapat tercapai dengan jelas dan terstruktur. Kemudian pada Evaluasi Process diperlukan adanya analisis masalah dan hambatan yang berpeluang terjadi selama program Diklatpim berlangsung, termasuk prediksi – prediksi kesalahan prosedural maupun teknis sehingga dapat diambil solusi berupa keputusan dengan cepat. Sedangkan pada Evaluasi Product penyelenggara Diklatpim dapat menindaklanjuti output dari program dengan mengumpulkan deskripsi dan penilaian hasil program, mengaitkannya dengan tujuan, konteks, input, dan proses sehingga dapat menafsirkan keberhargaan dan manfaat program dari peserta Diklatpim.

 

Published
2021-07-14
Section
Articles