Pengembangan Self-Assessment Program Gerakan Literasi Sekolah di SMAN 2 Kediri

  • Nurseno Indri Ardhi Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan Self-Assessment Gerakan Literasi Sekolah di SMAN 2 Kediri adalah untuk menghasilkan media yang dapat membantu mengembangkan program literasi sekolah dan mengetahui kelayakan serta keefektifan penggunaan self-assesment program literasi sekolah sebagai  upaya meningkatkan budaya literasi sesuai dengan moto program literasi sekolah SMAN 2 Kediri. Minimnya interaksi warga sekolah  dengan program literasi sekolah dibuktikan berdasarkan telaah yang disampaikan oleh tim literasi sekolah, yaitu pembiasaan membaca, pembelajaran dan pengembangan literasi. Permasalahan juga disebabkan karena keterbatasan tim literasi dalam mengelola kegiatan dikarenakan terdapat perubahan struktural sekolah termasuk tim literasi. Berdasarkan analisis kebutuhan dan potensi pemecahan masalah, maka dibutuhkan pengembangan media penilaian pada program literasi sekolah agar sekolah melalui tim literasi dapat melakukan penilaian secara mandiri tingkat keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Model pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Subjek penelitian yan digunakan adalah tim literasi, guru serta siswa SMAN 1 Kediri sebagai subjek uji kelayakan dan tim literasi, guru serta siswa SMAN 2 Kediri subjek uji keefektifan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan angket. Data dianalisis dengan skala penilaian linkert. Hasil penelitian menunjukkan pada kelayakan desain media 2,97. Uji kelayakan materi asesmen mendapat nilai 3,7. Uji kelayakan materi literasi sekolah mendapat nilai 3,75. Uji kelayakan media di SMAN 1 Kediri mendapatkan nilai 3,3. Paparan nilai tersebut menunjukkan bahwa media baik dan layak digunakan. Media dinyatakan efektif pada uji keefektifan di SMAN 2 Kediri dengan nilai 3,171 dan 3,176.      

Kata kunci : Pengembangan, Penilaian, Literasi Sekolah

Published
2021-07-22
Section
Articles