Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pada Pembelajaran Daring

  • Restu Dwi Apriliani UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pengelolaan sarana dan prasarana pada pembelajaran daring adalah kegiatan yang dilakukan agar pelaksanaan pembelajaran daring berjalan lancar dengan melalui tahapan perencanaan, pengadaan, danĀ  pemanfaatan secara maksimal sarpras yang diberikan lembaga pendidikan sebagai penunjang pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan buku, makalah atau artikel, jurnal dan sebagainya. Hasil dari review menunjukkan bahwa pelakasanaan pembelajaran daring masih belum maksimal. Hal ini dikarenakan terdapat adanya hambatan penyelenggaraan tata kelola sarpras. Hambatan tersebut yaitu, adanya keterbatasan penguasaan teknologi media komunikasi dan ketersediaan kuota internet. Sistem informasi pembelajaran yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran daring yaitu WhatsApp dan Google Classroom karena aplikasi ini mudah dalam memberikan pelayanan bagi pengguna. Untuk upaya dan tindakan yang dapat diambil yaitu dengan menyediakan dan memperbaiki fasilitas pendukung pembelajaran, serta memberikan pelatihan, pendampingan manajemen pembelajaran jarak jauh dan pemanfaatan media pembelajaran daring kepada pimpinan lemdik dan tendik.

Kata kunci : sarpras, teknologi informasi, pembelajaran daring

Published
2021-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 301
PDF Downloads: 536