Implementasi Program Literasi untuk Meningkatkan Prestasi Siswa di SMK

  • Arum Pritasiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memilik tujuan menumbuhkembangkan budi pekerti siswa melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah menengah kejuruan yang mewujudkan dalam gerakan literasi di SMK agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat. GLS menjadi faktor utama dalam pengembangan prestasi siswa. Pada kondisi tertentu, kurangnya ketersediaan sarana dan prasaran penunjang kegiatan literasi, tidak meratanya komitmen guru dalam membimbing pembiasaan membaca kepada siswa dan rendahnya komitmen warga sekolah menjadi penghambat berjalanya program literasi sekolah di SMK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dan upaya yang dapat dicapai SMK untuk mengoptimalkan kegiatan literasi sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan konseptual yang berakitan dengan ide dan kajian teori sehingga analisis yang dipakai berdasarkan data relefan. Terdapat tiga tahapan literasi sekolah dalam pembelajran di SMK yakni tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Dalam implementasi kegiatan literasi sekolah terdapat beberapa startegi meliputi mengkondisikan lingkungan yang ramah literasi, mendorong lingkungan sosial dan afektif serta mengupayakan SMK sebagai lingkungan akademik yang literat, peran pemangku kepentingkan menjadi indikator penting dalam keberlangsungan kegiatan literasi di SMK. Seluruh warga sekolah dapat berkontribusi dalam pelaksanaan program.  Kegiatan GLS harus mencakup enam aspek literasi sekolah dan aspek penumbuhan budi pekerti. Kegiatan yang dapat dilaksanaan pada program GLS di SMK seperti, gerakan membaca, festival literasi sekolah, pembudayaan e-learning, penyediaan e-library, penguatan budaya lokal, memperluas kegiatan berorganisasi.

Kata kunci : program literasi, prestasi siswa, SMK

 

Published
2021-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 287
PDF Downloads: 786