Strategi Diferensiasi dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Kejuruan

  • Yana Dwi Kurniya Wati Universitas Negeri Surabaya
  • Murtadlo Murtadlo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan dasar pemilihan strategi diferensiasi dalam pengembangan lembaga pendidikan kejuruan, mengetahui proses manajemen strategi yang dilakukan berupa perencanaan, implementasi, dan evaluasi pada strategi diferensiasi dalam pengembangan lembaga pendidikan kejuruan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan diskripstif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan di SMK N 5 Bojonegoro. Hasil penelitian skripsi yang dilakukan menunjukkan: 1) pemilihan strategi didasarkan beberapa hal, yakni penerimaan lulusan oleh Iduka (Industri dan dunia kerja), overload jurusan jenuh, kesediaan dan peluang tenaga kerja yang dibutuhkan Iduka, terkait kebijakan pemerintah tentang pemetaan lembaga pendidikan kejuruan, dan terkait diferensiasi yang digunakan sebagai ikon khas lembaga pendidikan kejuruan; 2) tahap perencanaan strategi yang dilakukan dengan pengembangan visi dan misi, penetapan tujuan, identifikasi lingkungan internal dan eksternal, pemilihan dan penetapan alternatif strategi dan strategi khusus; 3) tahap implementasi strategi dilakukan dengan pengembangan budaya pendukung, penciptaan struktur organisasiyang efekif, dilakukannya pemasaran sekolah, pemanfaatan sistem informasi dan teknologi; 4) tahap evaluasi strategi yang dilakukan dengan peninjauan factor internal dan eksternal secara komprehensif, pengukuran kinerja dengan evaluasi program, dan pengambilan tindakan korektif pada program yang terkendala atau tidak sesuai.

Kata Kunci: Strategi Diferensiasi, Proses Manajemen Strategi, Pengembangan Lembaga Pendidikan Kejuruan

Published
2021-07-28
Section
Articles