Membangun Budaya Akademik Melalui Literasi Informasi di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19

  • Cindi Dwi Apriliasari UNESA
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pandemi covid-19 terdapat kebijakan pembelajaran secara daring dalam upaya menghindari penyebaran virus SARS-CoV-2, akan tetapi pembelajaran daring tidak berdampak pada peningkatan literasi informasi pada mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana membangun budaya akademik. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi pustaka dengan telaah hasil penelitian terdahulu sesuai dengan tema penelitian. Proses analisis yang dilakukan adalah data yang telah terkumpul dan diklasifikasikan sesuai dengan rumusan masalah akan dianalisis berdasarkan isi yang kemudian dari hasil analisis dan interpretasi ini  akan digunakan dalam mengambil kesimpulan yang akan dilengkapi dengan memberi saran. Adapun hasil penelitian ini pandemi covid-19 merupakan sebuah momentum dalam membangun budaya akademik melalui literasi informasi secara sistematis melalui tahapan transformasi nilai, transaksi nilai, hingga internalsiasi nilai, hal ini perlu adanya manajemen pendidikan tinggi melalui kebijakan pimpinan, peran-peran SDM di perguruan tinggi, membangun sarana dan prasarana selama pembelajaran daring agar proses pembelajaran daring dan pembangunan budaya berjalan secara efektif dan efisien.

Kata kunci : budaya akademik, literasi informasi, pembelajaran daring, pandemi covid-19, manajemen pendidikan tinggi.

 

 

Published
2021-07-29
Section
Articles