Peningkatan Kualitas Pembelajaran Siswa Di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Pelayanan Pendidikan Kunjungan Rumah (Home Visit)

  • Della Krismeirinda Universitas Negeri Surabaya
  • Murtadlo Murtadlo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebarapa besar peran keluarga dan guru dalam pelaksanaan program Kunjungan Rumah (Home Visit) serta untuk mendeskripsikan esensi dan urgensi pelaksanaan program Kunjungan Rumah (Home Visit). Pelaksanaan Home Visit guna mengoptimalkan kualitas pembelajaran siswa di tengah kebijakan kegiatan Belajar Dari Rumah. Pasalnya siswa cenderung lalai dengan kewajibannya sebagai seorang pelajar. Akibatnya kualitas pembelajaran yang dihasilkan kurang maksimal dan tidak sesuai dengan tujuan yang aka dicapai. Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama antara sekolah dengan orang tua agar terciptanya iklim pendidikan yang kondusif bagi siswa ditengah kebijakan belajar dari rumah. Peran guru sebagai fasilitator diharapkan mampu menjadi jembatan antara sekolah dengan orang tua. Melalui program layanan pendidikan Kunjungan Rumah (Home Visit) diharapkan mampu mengubah pola belajar siswa di tengah Pandemi Covid-19 dan sebagai jembatan antara sekolah, guru, dan orang tua, serta masyarakat. Layanan pendidikan kunjungan rumah bertujuan untuk membantu orang tua mendeteksi permasalahan yang terjadi pada siswa terkait proses pembelajaran selama Pandemi Covid-19. Pelaksanaan Kunjungan Rumah (Home Visit) dibagi menjadi beberapa tahapan yang meliputi: 1) Tahap Perencanaan, 2) Tahap Pelaksanaan, 3) Tahap Evaluasi, dan 4) Tahap Tindak Lanjut.

Kata kunci: Orang Tua, Guru, Kunjungan Rumah, Kualitas Pembelajaran.

Published
2021-08-01
Section
Articles
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 890