Manajemen Data Pendidik dalam Mewujudkan Good Governance di Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban

  • Nailis Sa'adah Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menelaah dan menganalisis manajemen data pendidik di Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban melalui sudut pandang good governance yang memiliki fokus penelitian berikut, (1) Partisipasi Semua Pihak; (2) Akuntabilitas; (3) Efektivitas dan Efisiensi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh otonomi daerah yang merupakan peluang dalam pelaksanaan good governance di Indonesia yang dipercaya dapat merefleksikan nilai-nilai demokrasi. Istilah otonomi daerah di bidang pendidikan identik dengan desentralisasi pendidikan. Pemerintah daerah memiliki wewenang penuh terhadap pengelolaan pendidikan daerah termasuk pula dalam pengelolaan data pendidik menjadi informasi pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui uji kedibilitas mencakup triangulasi sumber, triangulasi teknik dan membercheck; uji validitas; dependabilitas; dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen data pendidik dilihat dari partisipasi semua pihak sudah berjalan sangat baik dengan melihat keterlibatan semua pihak dalam pelaksanaan tugas. Dilihat dari akuntabilitas sudah berjalan dengan sangat baik pula dimana pertanggujawaban dilakukan dengan transparan, berjenjang dan mengacu pada peraturaran perundang-undangan yang berlaku. Sedangkan dilihat dari efektivitas dan efisiensi sudah berjalan cukup baik dalam pelaksanaanya manajemen data pendidik beberapa sudah tersistem dan berbasis aplikasi.

Kata kunci : manajemen data pendidik, good governance

 

Published
2021-09-03
Section
Articles
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 245