Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

  • Angesti ridaningtyas Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis kepemimpianan pembelajaran kepala sekolah sebagai langkah dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan penelitian konseptual terkait ide serta teori. Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik merupakan elemen terpenting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Agar mampu meningkatkan kualitas pendidikan, kepala sekolah harus melakukan pembelajaran yang baik dalam kepemimpinanya. Berdasarkan model kepemimpinan pembelajaran yang diungkapkan oleh Weber dan Murphy dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan pembelajaran yang baik harus mencakup kegiatan meliputi, mengembangkan visi, misi dan tujuan sekolah, mengembangkan program pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan, mengembangkan iklim pembelajaran yang akademis, menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan menerapkan penilaian pembelajaran yang menyeluruh. Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah merupakan suatu konstruk multidimensi yang terfokus tentang bagaimana kepala sekolah mengorganisir serta melakukan tugas koordinasi dalam kehidupan kerja disekolah. Dalam menciptakan kepemimpinan pembelajaran yang efektif diperlukan hubungan yang sinergis dengan seluruh warga sekolah.

Kata kunci : kepemimpinan pembelajaran, kepala sekolah, hasil belajar  

The purpose of this research was to identify, explain, and analyze the principal's  of headmasters learning as a step in improving student learning outcomes. The method used is a literature study method with a conceptual research approach related to ideas and theories. Principal leadership in improving student learning outcomes is the most important element in improving the quality of education. In order to be able to improve the quality of education, school principals must do good learning in their leadership. Based on the instructional leadership model expressed by Weber dan Murphy, it can be concluded that good instructional leadership must include activities including, developing the school's vision, mission, and goals, developing learning programs that can meet needs, developing an academic learning climate, creating a work environment that is conducive to learning. support and implement comprehensive learning assessments. Principal instructional leadership is a multidimensional construct that focuses on how principals organize and perform coordination tasks in school life. In creating effective learning leadership a synergistic relationship is needed with all school members.

Keywords : instructional ledership, head school, learning outcome

 

Published
2021-09-16
Section
Articles
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 1606