Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Pendidikan Menengah

  • Siti Fachriah Berliana Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyanto Supriyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Artikel ilmiah ini ditulis dengan tujuan menganalisis dan mempelajari mengenai kepemimpinan situasional dalam pengembangan sumber daya manusia pada pendidikan menengah. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ilmiah ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kajian pustaka atau kajian literatur. Kajian pustaka dilakukan dengan cara menelaah beberapa artikel nasional dan internasional sehingga memperoleh data yang kemudian dilakukan analisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil dari artikel ini adalah bahwa sumber daya manusia di sekolah mampu berhasil guna serta berdaya guna apabila telah dikelola dengan baik oleh kepala sekolah. Terdapat 4 (empat) gaya dasar yang terkait dengan teori kepemimpinan situasional yakni telling, selling, participating, dan delegating. Dari gaya dasar tersebut dapat digunakan sebagai upaya dalam pengembangan sumber daya manusia antara lain melalui pembinaan kinerja, pembinaan karir, dan pembinaan kesejahteraan. Terdapat beberapa faktor keberhasilan dan faktor penghambat yang dialami kepala sekolah dalam pengembangan sumber daya manusia pada pendidikan menengah.

Kata Kunci: Kepemimpinan Situasional, Pengembangan Sumber Daya Manusia

Published
2021-10-18
Section
Articles
Abstract Views: 214
PDF Downloads: 618