Manajemen Layanan Perpustakaan Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa

  • Helinda Firdausi Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis manajemen layanan perpustakaan digital dalam meningkatkan minat baca siswa. Metode ini menggunakan pendekatan kualitatif. Desain penelitian ini menggunakan studi kepustakaan/studi literatur. Data penelitian dikumpulkan melalui kajian teks kemudian dianalisis dengan teknik analisis isi. Dengan langkah sebagai berikut yaitu dengan mengumpulkan data-data yang telah terkumpul dan diklasifikasikan berdasarkan masalah yang dikaji, kemudian data dikaji dan dianalisis menggunakan analisis isi. Setelah itu berdasarkan hasil analisis dan interoretasi data, penulis mengambil simpulan yang dilengkapi dengan saran-saran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen layanan perpustakaan digital dapat berpengaruh terhadap minat baca siswa. manajemen layanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa ditentukan oleh kemampuan kepala sekolah dalam menyesuaikan situasi dan kondisi di sekolah dalam mengambil keputusan sehingga berdampak pada peningkatan minat baca siswa. Abstrak memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Tekanan penulisan abstrak terutama pada hasil penelitian.

Kata Kunci: Perpustakaan Digital, Minat Baca

Published
2021-11-26
Section
Articles
Abstract Views: 499
PDF Downloads: 1244