Peranan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pencapaian Prestasi Belajar Siswa

  • Eka Putra Kurniawan Universitas Negeri Surabaya
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kompetensi pedagogik pada dasarnya adalah pengetahuan dan kemampuan guru dalam mendidik dan melaksanakan pembelajaran. Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil peran kompetensi pedagogik yang dimiliki guru dalam pencapaian prestasi belajar siswa, yang meliputi aspek pemahaman siswa dan pelaksanaan pembelajaran. Dengan menggunakan metode studi kepustakaan yang dilakukan dengan menganalisa beberapa jurnal yang memiliki relevansi atau kecocokan dengan judul yang dipilih maka dapat dilakukan analisis dengan membaca, mencatat, dan mengolah bahan-bahan yang dijadikan acuan untuk kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan analisis literatur ditemukan beberapa hal yang perlu ditekankan dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yaitu, kesiapan bahan ajar, metode pembelajaran yang tepat, kenyamanan selama belajar, dan evaluasi hasil belajar dan perkembangan siswa. Untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru, sekolah harus mampu memberikan pendampingan dan dukungan kepada guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dan dalam upaya mencapai prestasi belajar.

Kata kunci : kompetensi pedagogik, guru,  prestasi belajar siswa

Abstract

Pedagogic competence is basically the knowledge and ability of teachers in educating and implementing learning. The purpose of writing this scientific article is to find out and describe the results of the role of pedagogic competence possessed by teachers in achieving student achievement, which includes aspects of understanding students and implementing learning. By using the literature study method which is carried out by reviewing several journals that have relevance or match with the chosen title an analysis can be carried out by reading, recording, and processing literature review materials that are used as references for later conclusions drawn. Based on the analysis of the literature, it was found that several things need to be emphasized in the process of planning and implementing learning, namely, the readiness of teaching materials, appropriate learning methods, comfort during learning, and evaluation of learning outcomes and student development. To improve the pedagogic competence of teachers, the school should be able to provide assistance and support to teachers to improve teacher pedagogic competence and in an effort to achieve learning achievement.

 

Keywords : pedagogical competence, teacher, students achievement

Published
2021-12-13
Section
Articles
Abstract Views: 146
PDF Downloads: 1145