Implementasi Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar Melalui Program Membaca Menyenangkan
Abstract
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis pengimplementasian gerakan literasi di sekolah dasar dengan program membaca menyenangkan. MetodeĀ penelitian yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif . Desain penelitian ini menggunakan studi kepustakaan /studi literatur. Data penelitian dikumpulkan melalui kajian teks, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Berdasarkan studi literatur menunjukkan bahwa implementasi gerakan literasi di sekolah masih pada tahap pembiasaan . Tahap ini merupakan tahap awal dari tahapan pelaksanaan program literasi. Pada tahap ini proses pembiasaan pada siswa masih perlu ditingkatkan . FaktorĀ penunjang fasilitas yang memadai antara lain buku yang relevan dan menarik minat, perpustakaan, informasi dan teknologi. Adapun faktor penghambat yang dihapi antara lain cara membaca yang monoton, kurangnya kesadaran membaca sejak dini,tidak adanya kerjasama antara warga sekolah dan masyarakat.
PDF Downloads: 3462