Implementasi Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar Melalui Program Membaca Menyenangkan

  • Afrida Emilia Hanum Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis pengimplementasian gerakan literasi di sekolah dasar dengan program membaca menyenangkan. MetodeĀ  penelitian yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif . Desain penelitian ini menggunakan studi kepustakaan /studi literatur. Data penelitian dikumpulkan melalui kajian teks, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Berdasarkan studi literatur menunjukkan bahwa implementasi gerakan literasi di sekolah masih pada tahap pembiasaan . Tahap ini merupakan tahap awal dari tahapan pelaksanaan program literasi. Pada tahap ini proses pembiasaan pada siswa masih perlu ditingkatkan . FaktorĀ  penunjang fasilitas yang memadai antara lain buku yang relevan dan menarik minat, perpustakaan, informasi dan teknologi. Adapun faktor penghambat yang dihapi antara lain cara membaca yang monoton, kurangnya kesadaran membaca sejak dini,tidak adanya kerjasama antara warga sekolah dan masyarakat.

Published
2021-11-29
Section
Articles
Abstract Views: 207
PDF Downloads: 3462