Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19

  • Yolanda Tasya Islamaya Universitas Negeri Surabaya
  • Karwanto Karwanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah memahami, menganalisis dan mendeskripsikan keterampilan manajerial kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru dimasa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan untuk menulis artikel ilmiah ini memakai studi kepustakaan. Data dikumpulkan dengan mempelajari teks dan hasil penelitian yang relevan. Analisis data dilakukan melalui langkah sebagai berikut: Pertama, data yang terkumpul diklasifikasikan menurut uraian  masalah penelitian. Kedua, menggunakan analisis isi untuk menganalisis data penelitian secara kualitatif. Ketiga, menarik kesimpulan dan saran berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan manaerial kepala sekolah yang menonjol mampu meningkatkan kinerja guru. Keterampilan manajerial kepala sekolah meliputi : (1) keterampilan konseptual, terkait dengan pembuatan tujuan sekolah dan visi misi, menentukan strategi yang mudah dipahami, membuat program yang akan direalisasikan sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan, mengembangkan program sekolah seperti ekstrakurikuler untuk peserta didik, menganalisis SWOT yang dihadapi sekolah, serta memiliki inovasi yang jelas untuk kemajuan sekolah; (2) keterampilan manusiawi, kepala sekolah mampu mempererat hubungan baik dengan warga sekolah,  mengembangkan kemampuan professional sumber daya sekolah, melakukan penilaian kinerja secara profesional agar guru maupun tenaga kependidikan bisa meningkatkan kinerjanya dengan baik, membangun kelompok kerja yang mendukung dan memiliki dedikasi tinggi, memberikan reward kepada pendidik yang berprestasi, membimbing dan mengarahkan pendidik dan tendik dengan baik, memberikan motivasi atau dorongan kepada guru agar bisa mengembangkan potensi dirinya, mengambil keputusan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan, melibatkan guru dalam rencana program sekolah; (3) keterampilan teknis, kepala sekolah memiliki kemampuan menggunakan pengetahuan, metode, teknik, dan peralatan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas tertentu yang diperoleh dari pengalaman, pendidikan, dan latihan (training).

Published
2021-12-28
Section
Articles
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 351