Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Daerah Covid Decreasing Area

  • Meldyana Anggraini Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan pada dasarnya merupakan sebuah keharusan yang dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dengan berpedoman pada aturan hukum yang berlaku, termasuk terlepas dengan faktor yang tengah terjadi dan menjadi penghambat dalam pengembangan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji mengenai peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah covid decreasing area. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur atau library research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam upaya peningkatan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah, terdapat tiga kerangka dasar yang harus dibangun pertama kali, yaitu kurikulum sekolah, guru, dan budaya sekolah. Ketiga hal ini penting menjadi perhatian utama dalam upaya peningkatan mutu sekolah.

Improving the quality of education is basically a necessity that is carried out by every educational unit based on the applicable legal rules, including regardless of the factors that are happening and become obstacles in the development of education. The purpose of this study was to examine the role of school principals in improving the quality of education in the Covid Decreasing area. This research method uses a literature study approach or library research. The results of this study indicate that in an effort to improve the quality of education carried out by school principals, there are three basic frameworks that must be built first, namely the school curriculum, teachers, and school culture. These three things are important to be the main concern in efforts to improve the quality of schools.

Published
2021-12-30
Section
Articles
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 106