EFEKTIVITAS LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Fathimatuz Zahroh Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Sholeh Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan di Indonesia telah memasuki era dunia digital, menjadi tantangan khusus bagi manajemen pendidikan dalam mengimbangi cepatnya perubahan zaman. Untuk dapat mengikuti proses pembelajaran daring selama pandemi Covid-19, sedikitnya individu harus dapat mengikuti perkembangan teknologi sehingga memiliki ilmu dasar literasi digital yang digunakan untuk mengoperasikan berbagai bentuk media platform pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam menyusun artikel ini adalah studi pustaka (literature review) dengan menghimpun beberapa sumber pustaka seperti jurnal, baik jurnal nasional maupun jurnal internasional yang relevan. Adapun artikel ini mengkaji 25 jurnal yang terdiri dari 15 jurnal nasional dan 10 jurnal internasional. Pembelajaran daring merupakan salah satu alternatif agar proses pembelajaran dapat berjalan walau dari rumah. Setiap individu harus memiliki kemampuan literasi digital, karena hampir seluruh aktivitas pembelajaran menggunakan media digital. Tingginya tingkat literasi digital, secara tidak langsung dapat memengaruhi hasil belajar peserta didik. Sehingga diperlukan kemampuan literasi digital yang apik, agar penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelaksanaan pembelajaran daring dapat berjalan sesuai tujuan yang ditentukan.  

Kata Kunci : Literasi Digital, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Published
2022-01-10
Section
Articles
Abstract Views: 762
PDF Downloads: 4889