Peran Layanan Khusus Guna Menunjang Pembelajaran Peserta Didik

  • Moch _ Anwar Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran layanan khusus sekolah guna menunjang proses pembelajaran. Metode artikel ini yaitu kajian literatur dengan menganalisis artikel dalam jurnal nasional maupun internasional serta buku. Adapun tahapan dalam penelitian ini yaitu identifikasi topik permasalahan, klasifikasi data penelitian, analisis data dan penarikan kesimpulan dan saran. Adapun hasil studi dalam artikel ilmiah ini yaitu (1) Perpustakaan sebagai sarana edukatif dalam pembelajaran (2) Laboratorium sebagai tempat untuk memecahkan masalah (3) UKS sebagai pelayanan kesehatan serta pembinaan lingkungan (4) Kafetaria sekolah sebagai bantuan dalam mengajarkan ilmu gizi secara nyata. (5) Sarana Ibadah sebagai sarana keagamaan. (6) Asrama berperan sebagai wadah peserta didik untuk mengerjakan tugasnya secara optimal (7) Koperasi sebagai media praktik secara langsung bagi para siswa dalam menerapkan keterampilannya. (8) Transportasi berperan dalam memberikan layanan siswa menuju ke sekolah. (9) BK yang berperan sebagai layanan orientasi, informasi, penempatan, konsultasi, mediasi bagi stakeholder sekolah. Layanan Khusus Sekolah ini nantinya berperan dalam mengatur segala kebutuhan peserta didik untuk memenuhi tugas tanggung jawab pendidikan guna menunjang proses pembelajaran.

Published
2022-01-19
Section
Articles
Abstract Views: 1017
PDF Downloads: 1865