Pengaruh Motivasi Belajar dan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

  • Aldona Safira Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyanto Supriyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (2) mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (3) mengetahui pengaruh mtoivasi belajar dan keaktifan berorganisasi terhadap pengaruh prestasi akademik mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Dalam mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kausal komparatif. Populasi diambil dari seluruh mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan angkatan 2018 dan 2019 yang berjumlah 160 mahasiswa. Selanjutnya pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling hingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 113 mahasiswa. Pengujian kelayakan instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Kemudian teknik analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji t serta uji f. Kemudian berdasarkan hasil paparan data dan pengolahan yang dibantu dengan SPSS didapatkan kesimpulan yaitu: (1) tidak terdapat pengaruh secara signifikan positif dari motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya dengan nilai Sig sebesar 0,082 > 0,005 (2) tidak terdapat pengaruh secara signifikan positif dari keaktifan berorganisasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya dengan nilai Sig sebesar 0,886 > 0,05 (3) tidak terdapat pengaruh secara signifikan positif dari motivasi belajar dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya dan hanya memberikan sumbangsih pengaruh sebesar 3,1% yang dimana berarti ada 96,9% faktor lain diluar fokus penelitian ini

Kata Kunci: motivasi belajar, keaktifan berorganisasi, prestasi akademik mahasiswa.

Published
2022-01-10
Section
Articles
Abstract Views: 268
PDF Downloads: 339