Evaluasi Hasil Belajar Penerapan Flipped Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran

  • Valentina Bariroh Universitas Negeri Surabaya
  • Aditya Chandra Setiawan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Artikel ini bertujuan mendeskripsikan model pembelajaran flipped learning dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada proses pembelajaran. Artikel ini menggunakan metode studi literarur dengan menelaah jurnal nasional dan internasional serta buku yang relevan. Hasil studi literatur dalam penelitian yaitu terdapat beberapa indikator utama penerapan model flipped learning dalam meningkatkan pemahaman peserta didik diantaranya : (1) implementasi model flipped learning dalam pembelajaran (2) strategi guru pada model pembelajaran flipped learning (3) flipped learning meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik (4) flipped learning menciptakan interaksi belajar sesuai gaya belajar peserta didik. Model flipped learning dinilai menjadi solusi permasalahan guru dalam meningkatkan kegiatan belajar mengajar, peran guru dalam menciptakan suasana belajar dengan menyesuaikan kebutuhan peserta didik dengan tujuan mengembangkan aspek kognitif dan psikomotorik. Penerapan model flipped learning menjadi alternative metode pembelajaran dengan penerapan yang berbeda dari pembelajaran kelas tradisional sehingga dapat memberikan dampak yang baik dari segi aktivitas guru dan efisien waktu mengajar.

Kata Kunci: Evaluasi, Hasil Belajar, Flipped Learning

Published
2022-01-25
Section
Articles
Abstract Views: 221
PDF Downloads: 936