PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DALAM MEMPERBAIKI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Maudia Nur Nabila mahasiswa

Abstract

Abstrak
Kepala sekolah berperan dalam memperbaiki kompetensi profesional guru dengan memberikan bantuan untuk
memperluasl pengetahuan, meningkatkan keterampilan mengajar dan menumbuhkan kompetensi profesional guru
dalam menguasai pengelolahan kegiatan pembelajaran. Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk mendeskripsikan
peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik dalam memperbaiki kompetensi profesional guru di masa
pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur dengan mengumpulkan data dan
referensi yang berhubungan dengan topik artikel. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa: 1) Kepala sekolah
berperan sebagai supervisor akademik dalam memperbaiki kompetensi profesional guru dimasa pandemi Covid19
yaitu dengan memberikan pembinaan, bimbingan, pengembangan dan mengoptimalkan kemampuan mengajar
guru agar lebih berkualitas; 2) Kegiatan supervisi akademik terdiri dari tiga tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan,
dan tindak lanjut; 3) Teknik supervisi yang digunakan pada masa pandemi Covid-19 yaitu kunjungan kelas secara
virtual; 4) Hambatan yang terjadi dalam melaksanakan supervisi akademik yaitu keterbatasan kemampuan IT
guru, ketidakterbukaan guru terhadap kepada kepala sekolah terkait permasalahan yang dihadapi dalam proses
pembelajaran daring, dan kepala sekolah yang belum sepenuhnya memahami terkait konsep, fungsi, dan tujuan
pelaksanaan supervisi akademik.
Kata kunci: kepala sekolah, Supervisor Akademik, Kompetensi Profesional Guru

Abstract
Principal’s role in improving teacher’s professional competence can be found in the foollowing manners, such as
giving professional assistance to increase teachers’s knowledge, increasing teachers’s instruction skill, and
emerging their professional competence so that they can manage learning activities better. This reseach is aimed
to describe principal’s role as academic supervisor in improving teacher’s professional competence during Covid19 era. Method used in this research is literature review which researcher collects data and references related to
the topic of the study. Result from this study show that: 1) Principal’s role as academic supervisor in the mean of
improving teacher professional competence during Covid-19 can be seen in the act of giving assistance,
development, and optimalizing teacher’s instruction skill; 2) Academic supervision is conducted through 3 (three)
phases, namely planning, implementation, and result follow-up phase; 3) Supervision technique used during
Covid-19 era is virtual class visitation; 4) The resistance that happened in carrying out academic supervision are
the limited IT skills of teachers, the teacher's lack of openness to the principal related the problems encountered
in the online learning process, and the principal who does not fully understand the concepts, functions, and
objectives of implementing academic supervision.
Keywords: Principal, Academic Supervisor, Teacher Professional Competence.

Published
2022-01-27
Section
Articles
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 802