Leadership Content Knowledge Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi TPACK Guru di Era Digital

  • Alifia Dhamayanti Rachman S1 Manajemen Pendidikan
  • Karwanto .

Abstract

Penulisan artikel ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis leadership content knowledge (pengetahuan kepemimpinan konten) kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi TPACK Guru di era digital. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ilmiah ini adalah studi kepustakaan. Data dikumpulkan dengan mempelajari teks dan hasil penelitian yang relevan. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: Pertama, mengklasifikasi data yang sudah diperoleh sesuai dengan rumusan masalah. Kedua, melakukan analisis isi data yang telah dikaji secara kualitatif. Ketiga, menarik kesimpulan dan saran berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa. Pertama, kompetensi TPACK guru memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Sehingga mengharuskan guru untuk terus mengembangkan kompetensinya. Kedua, hal yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan kompetensi TPACK guru adalah pemahaman dari ketujuh komponen TPACK. Ketiga, leadership content knowledge (pengetahuan kepemimpinan konten) kepala sekolah mampu mempengaruhi, menggerakkan, mengembangakan dan memberdayakan guru dalam mengembangkan kompetensi TPACK di era digital dengan didukung oleh technology leadership. Keempat, kepala sekolah agar dapat membantu guru dalam meningkatkan kompetensi TPACK diperlukan pemahaman dan penguasaan tiap komponen dari TPACK.

Published
2022-01-27
Section
Articles
Abstract Views: 192
PDF Downloads: 464