SERVANT LEADERSHIP KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI ERA PANDEMI COVID-19

  • Ayu Rahma Salvabilla Mahasiswa

Abstract

Tujuan penulisan artikel ilmiah ini untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis servant leadership kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru di era pandemi covid-19. Metode yang digunakan ialah studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan kaian teks dan hasil penelitian yang relevan dengan topik. Langkah dalam analisis data ; Pertama, data yang dikumpulkan akan diklasifikasi sesuai dengan topik atau masalah yang dikaji. Kedua, data dianalisis menggunakan analisis isi. Ketiga, dilakukan pengambilan kesimpulan. Hasil kajian artikel ilmiah menunjukkan bahwa. Pertama, servant leadership kepala sekolah memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam upaya menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Kedua, tipe servant leadership merupakan tipe kepemimpinan yang memprioritaskan pelayanan terhadap pengikutnya. Ketiga, karakteristik yang dominan ialah membimbing, membina, memotivasi dan empati. Keempat, keberhasilan kepala sekolah dalam mengimplementasikan servant leadership ditentukan oleh: (1) guru berhasil meningkatkan kompetensi pedagogik terutama dalam pemahaman dan pengembangan peserta didik; (2) kepala sekolah menjadi suri tauladan bagi seluruh sekolah; (3) kualitas output sekolah berkompeten untuk terjun ke dunia masyarakat; (4) guru tidak segan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dengan bantuan kepala sekolah.

The purpose of writing this scientific article is to find out, explain and analyze the role of servant leadership of the principal in an effort to improve teacher’s pedagogic competence in the era of the covid-19 pandemic. This method used is literature study. Data collection techniques are carried out by collecting texts and research results that are relevant to the topic. Steps in data analysis: First, the collected data will be classified according to the topic or problem being studied. Second, the data were analyzed using content analysis. Third, conclusions are taken. The results of scientific article studies show that. First, the role of principal’s servant leadership has a very important role in improving the pedagogic competence of teachers in an effort to produce quality human resources. Second, the servant leadership is a type of leadership that prioritizes service to its followers. Third, the dominant characteristics are guiding, nurturing, motivating and empathetic. Fourth, the success of the principal in implementing servant leadership is determined by : (1) the teacher succeeds in increasing pedagogic competence, especially in the understanding and development of students; (2) the principal becomes a role model for the entire school; (3) the quality of the output of competent schools to enter the world of society; (4) the teacher does not hesitate to solve the problems faced with the help of principal.

Published
2022-01-29
Section
Articles
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 461