Pengaruh Jalur Penerimaan Siswa Baru (Raw Input) Dan Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Berprestasi Di SMP Negeri 1 Krian

  • Putri Ariza Widya Aprilian Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Aditya Chandra Setiawan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara jalur penerimaan siswa baru (raw input) terhadap motivasi belajar siswa dalam berprestasi di SMP Negeri 1 Krian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling sebanyak 269 siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan untuk tingkat kinerja guru memiliki rata-rata 2,55 yaitu berada dalam kategori tinggi sedangkan untuk tingkat motivasi belajar siswa dalam berprestasi memiliki rata-rata 2,22 yaitu berada dalam kategori sedang. Untuk Uji T, variabel jalur penerimaan siswa baru ( memperoleh nilai T hitung < T tabel yaitu -0.089 < 1,650581 dan nilai signifikansi sebesar 0,929 > 0,05 yang artinya tidak adanya pengaruh. Kemudian untuk variabel kinerja guru ( memperoleh nilai T hitung > T tabel yaitu 15,126 > 1,650581 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam berprestasi (Y) sedangkan untuk Uji F memperoleh nilai F hitung > F tabel yaitu 114,888 > 3,0297254 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya secara simultan jalur penerimaan siswa baru ( dan kinerja guru ( memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam berprestasi di SMP Negeri 1 Krian (Y). Melalui hasil analisis data ini, menunjukkan bahwa pengaruh yang diberikan adalah sebesar 0,463 atau 46,3%. Sehingga disini jalur penerimaan siswa baru memang tidak berpengaruh secara langsung terhadap motivasi belajar siswa dalam berprestasi namun kinerja gurulah yang berkontribusi melalu proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa dalam berprestasi sebagai upaya pencapaian prestasi belajar siswa.

Kata Kunci: Jalur penerimaan siswa baru, Kinerja guru, Motivasi belajar siswa dalam berprestasi

Published
2022-01-30
Section
Articles
Abstract Views: 101
PDF Downloads: 284