Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru

  • Leilla Efrilla Mahasiswa
  • Karwanto Karwanto

Abstract

Tujuan penulisan artikel ilmiah ini untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis peran kepala sekolah sebagai inovator pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ilmiah ini adalah studi kepustakaan. Data dikumpulkan dengan mempelajari teks dan hasil penelitian yang relevan. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: Pertama, data-data yang dikumpulkan diklasifikasi berdasarkan rumusan masalah. Kedua, data-data yang dikaji secara kualitatif di analisis dengan menggunakan analisis isi. Ketiga, menarik kesimpulan dan saran berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa. Pertama, kepala sekolah memegang peranan penting untuk menciptakan perubahan di lingkungan sekolahnya, terutama pada aspek peningkatkan profesionalisme guru. Kedua, kepala sekolah memberikan inovasi kepada guru dengan memberikan contoh keteladanan baik, menjalin hubungan harmonis, mengembangkan model pembelajaran inovatif dan memberdayakan guru melalui pelatihan, workshop, KKG, MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) serta memberikan dorongan guru untuk melakukan studi lanjut. Ketiga, tindakan kepala sekolah sebagai inovator pendidikan tercermin melalui pekerjaan (1) konstruktif, dengan melakukan pembinaan kepada tenaga pendidikan; (2) kreatif, mengembangkan gagasan baru; (3) delegatif, mendelegasikan tugas kepada tenaga pendidik sesuai jabatan, tugas & keterampilan; (4) integratif, mengintegrasikan seluruh kegiatan sekolah; (5) rasional dan objektif; (6) pragrmatis , menetapkan kegiatan dan target sesuai kemampuan tenaga pendidik; (7) keteladanan; (8) adaptable dan fleksibel.

 

Published
2022-02-07
Section
Articles
Abstract Views: 1037
PDF Downloads: 545