Peningkatan Literasi Digital Dalam Mewujudkan Profesionalisme Kinerja Guru Pada Era Revolusi Industri 4.0

  • Brigitta Rima Kurniasih Lismawati Manajemen Pendidikan
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penulisan artikel ini menguraikan terhadap pentingnya pendidik menguasai literasi digital untuk menghadapi pendidikan pada era revolusi industri 4.0 agar dapat melakukan tugasnya sebagai guru secara profesional. Penulisan dalam artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tata letak kajian menggunakan metode Systematic Literature Review dengan model PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analysis) dari batasan artikel yang terbit pada tahun 2017 sampai dengan 2021. Hasil pencarian data menggunakan media scopus, emerald, dan google scholar diperoleh 180 artikel kemudian disaring menjadi 30 artikel. Data yang diperlukan dihimpun melalui kajian teks, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi. Hasil dari systematic literature review menunjukkan bahwa upaya peningkatan literasi digital dalam mewujudkan profesionalisme kinerja guru pada era revolusi industri 4.0 dengan memahami tentang pendidikan pada era revolusi industri 4.0, kompetensi yang harus dimiliki oleh pendidik, literasi digital bagi pendidik, dan kinerja pendidik secara profesional. Dengan demikian, pendidik memiliki kompetensi literasi digital dengan baik dan dapat melakukan tugasnya secara maksimal dan profesional, serta siap menghadapi pendidikan pada era revolusi industri 4.0.

Kata Kunci: kompetensi guru, literasi digital, profesionalisme guru, dan Revolusi Industri 4.0

 

Abstract

The purpose of writing this article describes the importance of educators mastering digital literacy to face education in the era of the industrial revolution 4.0 in order to be able to carry out their duties as teachers professionally. The writing in this article uses a qualitative approach with a study layout using the Systematic Literature Review method with the PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analysis) model from the limitations of articles published in 2017 to 2021. The results of data search using media scopus, emerald, and google scholar obtained 180 articles and then filtered into 30 articles. The required data were collected through text studies, then analyzed using content analysis techniques. The results of a systematic literature review show that efforts to increase digital literacy in realizing the professionalism of teacher performance in the era of the industrial revolution 4.0 by understanding education in the era of the industrial revolution 4.0, the competencies that educators must possess, digital literacy for educators, and the performance of educators professionally. Thus, educators have good digital literacy competencies and can carry out their duties optimally and professionally, and are ready to face education in the era of the industrial revolution 4.0.

Keywords: teacher competence, digital literacy, teacher professionalism, and the Industrial Revolution 4.0

Published
2022-03-29
Section
Articles
Abstract Views: 520
PDF Downloads: 1779