Manajemen Perpustakaan Berbasis E-Library dalam Mendukung Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Menengah Pertama (SMP)

  • Sindy Bintari Prasetianingsih Universitas Negeri Surabaya
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Covid-19 yang sedang terjadi saat ini memberikan dampak yang signifikan untuk berbagai sektro tidak terkecuali bidang pendidikan. Kondisi tersebut memunculkan kebijakan baru di dunia pendidikan berupa Pembelajaran Jarak Jauh guna menekan virus yang ada dan KBM tetap dapat di laksanakan. Guna mengoptimalkan kegiatan implementasi pembelajaran jarak jauh sekolah mengembangkan manajemen perpustakaan mereka dengan menggunakan  perpustakaan digital untuk dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan peserta didik. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data artikel ini adalah penelitian kepustakaan terhadap 5 buku dan 20 jurnal yang dibagi menjadi 10 jurnal nasional dan 10 jurnal internasional. Pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan media pembelajaran perpustakaan berbasis e-library memberikan beberapa perubahan baik untuk mengembangkan refrensi pembelajaran yang ada juga memberi tambahan pengelolaan perpustakaan sekolah terutama pada e-library.

Kata kunci : manajemen perpustakaan, perpustakaan elektronik, pembelajaran jarak jauh

 

Abstract

The current COVID-19 has had a significant impact on various sectors, including the education sector. This condition gave rise to a new policy in the world of education in the form of Distance Learning to suppress the existing virus and KBM can still be carried out. In order to optimize the implementation of distance learning activities, schools develop their library management by using digital libraries to improve the skills and knowledge of students. The technique used in collecting data for this article is library research on 5 books and 20 journals which are divided into 10 national journals and 10 international journals. Distance learning using e-library-based library learning media provides several changes, both for developing existing learning references and for providing additional school library management, especially for e-libraries.

Key words : library management, e-library, distance learning

Published
2022-03-30
Section
Articles
Abstract Views: 265
PDF Downloads: 543