Strategi Pembinaan Karier Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Dosen Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut Surabaya

Pembinaan Karier Dosen Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut

  • Alifa Afriyanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasikan dan mendeskripsikan Strategi pembinaan karier dalam meningkatkan kualitas kinerja dosen dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta mengidentifikasikan dan mendeskripsikan tantangan pembinaan karier bagi dosen Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan study literatur. Hasil dari penelitian ini adalah Strategi yang digunakan STTAL dilakukan sesuai sistem pengelolaan sumberdaya manusia secara terpusat oleh Mabes TNI AL dalam hal ini Staf personel TNI AL (Spersal). Pengelolaan sumber daya manusia tersebut dikembangkan secara terstruktur dan terpadu, pengembangan sumber daya manusia dosen dimulai dari Fungsi penyediaan (rekruoitmen), fungsi Pendidikan. Fungsi Penggunaan, hingga fungsi perawatan. Penyediaan melalui rekruitmen dan seleksi, memberikan jaminan diperolehnya sejumlah kader Perwira unggulan yang benar-benar memiliki kualifikasi dan kompetensi unggulan. Fungsi pendidikan, berperan meningkatkan kemampuan Perwira Unggulan agar siap ditugaskan sesuai dengan kebutuhan organisasi dan stakeholder lainnya. Fungsi penggunaan, sebagai media untuk mengaplikasikan kemampuan yang dihasilkan dari hasil pendidikan pada medan penugasan sebenarnya. Fungsi perawatan adalah yang menjamin personel agar selalu siap  digunakan organisasi secara maksimal. Organisasi harus mampu menjamin agar personel selalu siap ditugaskan kapan saja dan dimana saja sehingga tingkat kesejahteraannya pun perlu diperhatikan dengan baik. Pembinaan Dosen STTAL bertujuan untuk menyiapkan SDM yang sangghup dan mampu secara optimal mengemban setiap tugas yang dihadapiunya dalam rangka mewujudkan organisasi STTAL yang relatif kecil namun efektif  dan efisien.

Kata kunci : Strategi pembinaan karier, pembinaan karier, kualitas kinerja

The purpose of this article to identify and describe career coaching strategies in improving the quality of performance of teachers in teaching, research and devotion to the community and to identify and describe the challenges of career coaching for naval technology-high school teachers. The method used in this study is the literature study method. As a result of this research, sttal measures are employed according to the human resources management system centered by tni al headquarters in the dal, the tni al (spersal) personnel staff. Human resource management is developed structured and integrated, the development of faculty human resources began with the provision function (recruiting), education function. Use function, down to maintenance. Provision through recruitment and selection, providing assurance for a number of cadre superior officers who actually have qualified and competence. Education functions, resulting in improved the ability of a superior officer to be commissioned on the task force consistent with the needs of the organization and other stakeholders. Use function, asa medium to apply the ability generated from education on actual field assignments. The function of care is what ensures that personnel are fully at the disposal of the organization. Organizations should be able to ensure that personnel are at all times and at all times ready so that even the level of well-being needs careful attention. Sttal teachers' coaching aim is to prepare viable human resources and be optimally capable of each task before them in order to realize a relatively small but effective and efficient sttal organization.

Key word : Career coaching strategies, Coaching career, Performence quality

Published
2022-04-07
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 775