Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Tingkat Sekolah Dasar

  • Rismawati Nur Afifah Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan karakter merupakan isu utama dalam pendidikan nasional di Indonesia, urgensi pendidikan karakter dalam penelitian ini dilaksanakan pada jenjang Sekolah Dasar, karena di usia 6-12tahun merupakan fase yang tepat dan langkah awal guna menanamkan pendidikan karakter pada anak. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan guna menganalisis dan juga mendeskripsikan peran guru dalam pengembangan karakter peserta didik di tingkat sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu menggunakan metode Literature Review.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Studi Literatur yaitu dengan cara mengumpulkan pustaka dari 10 jurnal nasional dan 10 jurnal internasional dan referensi lain yang berkaitan dengan penulisan artikel. Kemudian berdasarkan dari analisa jurnal-jurnal dan juga buku yang sudah di teliti, dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter merupakan pendidikan sepanjang hayat, dimana proses pendidikan karakter dilaksanakan sejak usia dini sampai dewasa. Peran guru dalam pendidikan karakter yaitu sebagai role model bagi siswa dan dilakukan dengan cara terus berupaya dalam meningkatkan strategi dalam proses pengajaran agar mampu menghadapi tantangan pendidikan karakter di abad 21.

Kata kunci : peran guru, pendidikan karakter, peserta didik

 

Published
2022-04-20
Section
Articles
Abstract Views: 250
PDF Downloads: 3319