Manajemen Sarana Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Siswa

  • Dewi Larasati Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Sarana pembelajaran memegang peranan penting sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi siswa. Ketika sarana pembelajaran terpenuhi dan sesuai standar nasional pendidikan maka akan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Prestasi siswa didukung oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Sarana pembelajaran termasuk dalam faktor eksternal. Sarana pembelajaran yang terpenuhi akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Ketika motivasi belajar siswa meningkat maka akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Dalam pengadaan sarana pembelajaran ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni  prosedur perencanaan, proses pengadaan, pemeliharaan, pengunaan dan pemanfaatan serta monitoring dan evaluasi. Sekolah harus memiliki kebijakan, peraturan, dan pedoman yang jelas mengenai kenyamanan dan keselamatan penggunaan sarana pembelajaran. Setup dalam manajemen sarana pembelajaran juga harus yang efektif dan efisien. Pada kenyataannya realita yang terjadi masih terdapat banyak lembaga pendidikan yang tidak memenuhi standar dalam pengadaan manajemen sarana pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, penggunaan serta monitoring dan evaluasi dalam lembaga pendidikan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan system review. Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan antara terpenuhi sarana pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Kata kunci : manajemen, prestasi, sarana pembelajaran, siswa

 

Published
2022-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 329