Strategi Kepala Sekolah Dalam Membangun Citra Positif Sekolah Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyatut Tholabah Lamongan
Abstract
Kepala Sekolah adalah tokoh utama bagi keberhasilan sekolah. Sebagai pemimpin sekolah, Kepala Sekolah bertanggung jawab dalam menentukan strategi demi keberlangsungan lembaga yang dikelola, salah satunya upaya membangun citra positif sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana citra, strategi dan dampak Kepala Sekolah dalam membangun citra positif sekolah sehingga memperoleh kepercayaan masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan di MAS Tarbiyatut Tholabah Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi dengan sumber data primer yang diperoleh dari Kepala Sekolah, wakil Kepala Sekolah bidang humas, dan tenaga kependidikan, dan sumber data skunder berasal dari dokumen, foto, dan pendukung lainnya pelengkap dari data primer. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : (1) MAS Tarbiyatut Tholabah Lamongan memiliki citra sekolah yang baik atau positif; (2) Kepala Sekolah MAS Tarbiyatut Tholabah Lamongan sebagai pemimpin menerapkan PDCA pada sistem manajemen sekolah yaitu Perencanaan (Plan), Pelaksanaan (Do), Pengecekan (Check), dan Tindak Lanjut (Action). Adapun strategi yang dilaksanakan dalam membangun citra positif sekolah antara lain : (a) Menganalisis kondisi sekolah secara internal dan eksternal, (b) Memperbaiki kondisi sekolah secara fisik dan non fisik, (c) Promosi kepada masyarakat dan kolaborasi dengan instansi lain; (3) Dampak dari pembangunan citra MAS Tarbiyatut Tholabah Lamongan (a) Mewujudkan Sekolah yang berkualitas dan mampu memenuhi tuntutan pendidikan masyarakat sekitar, (b) Meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat, dan (c) Meningkatkan kesadaran dan kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan MAS Tarbiyatut Tholabah Lamongan.
Kata Kunci : strategi, kepala sekolah, citra sekolah
PDF Downloads: 1210