Strategi Peningkatan Daya Saing SMK Melalui Optimalisasi Kompetensi Peserta Didik

  • Robiatul Adawiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Ainur Rifqi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah mengetahui, memahami, mendeskripsikan, dan menganalisis strategi yang tepat pada peningkatan kompetensi peserta didik dalam meningkatkan daya saing peserta didik SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Data yang dikumpulkan berupa teks dalam bentuk 10 jurnal nasional dan 10 jurnal internasional yang relevan dengan penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan cara menguraikan dan mengklasifikasikan sub strategi yang terdapat pada masing-masing strategi sesuai dengan substansi manajemen pendidikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1)terdapat dua strategi terbaru (kecerdasan bersaing dan bertahan/berkelanjutan) dan dua strategi terbaru di bidang manajemen (manajemen pengetahuan dan manajemen kecerdasan bersaing) dalam meningkatkan daya saing peserta didik SMK, (2)faktor pendukung dan penghambat strategi peningkatan kompetensi peserta didik dalam meningkatkan daya saing peserta didik SMK meliputi a)hubungan masyarakat sekolah yang berkualitas, b) kurikulum yang selaras dengan DUDI, c)guru yang berkualitas, d)sarpras terkini berstandar DUDI, e)ketersediaan pendanaan yang mencukupi program SMK, f)peserta didik yang berantusias, dan a)kemampuan guru yang belum optimal, b)kurangnya kerjasama dengan DUDI dan Pemerintah, c)sarpras praktek yang belum optimal, d)sumber pendanaan sekolah yang minim dan terbatas, e)kurangnya kompetensi dan motivasi bekerja lulusan, dan (3)hasil yang diperoleh dari pelaksanaan strategi peningkatan kompetensi peserta didik dalam meningkatkan daya saing peserta didik SMK.

Kata kunci : strategi, manajemen, peningkatan kompetensi, daya saing, peserta didik SMK

Published
2022-06-22
Section
Articles
Abstract Views: 153
PDF Downloads: 524