Manajemen Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Pada Program SPP-SKS Di SMPN 1 Sidoarjo

  • Ayu Amira Farhana Universitas Negeri Surabaya
  • Aditya Chandra Setiawan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) prosedur penetapan KKM di SMP Negeri 1 Sidoarjo, 2) penetapan beban belajar matematika siswa empat semester dan enam semester, serta 3) hasil belajar matematika siswa. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan informan dari kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, guru, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan uji keabsahan data triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian adalah: 1) Prosedur penetapan KKM: a) mengadakan rapat MGMPS untuk menghitung KKM KD mapel yang selanjutnya diperoleh KKM keseluruhan yakni 80 dan untuk siswa empat semester menggunakan acuan IP minimal 93, b) KKM ditetapkan berdasarkan pada aspek kompleksitas, intake, dan daya dukung, c) dokumen kemudian disosialisasikan kepada pihak guru, peserta didik dan orang tua. 2) Beban belajar didasarkan pada raihan IP mulai dari semester dua dan seterusnya. 3) Hasil belajar siswa empat semester lebih tinggi dilihat dari rata-rata perolehan nilai ujian.

Kata kunci: kriteria ketuntasan minimal (kkm), beban belajar, hasil belajar

Published
2022-06-13
Section
Articles
Abstract Views: 116
PDF Downloads: 453