STUDI KASUS IMPLEMENTASI PROGRAM SATUAN PENDIDIKAN PENYELENGGARA-SISTEM KREDIT SEMESTER (SPP-SKS) DI SMP NEGERI 1 KRIAN

  • Cica Dewi Kurniawati Universitas Negeri Surabaya
  • Shelly Andari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menelaah perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, beserta aktor (pelaksana) dalam penerapan program SPP-SKS di SMPN 1 Krian. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model interaktif, sehingga hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Perencanaan program SPP-SKS dilakukan atas dua hal yakni perencanaan pada penerapan program SPP-SKS di sekolah dan perencanaan proses pembelajaran menggunakan sistem SPP-SKS; (2) Pelaksanaan program SPP-SKS diselenggarakan dengan memfasilitasi proses pembelajaran yang disesuaikan dengan potensi, bakat, minat, dan kecepatan belajar setiap peserta didik. Program SPP-SKS yang diselenggarakan menggunakan sistem semi paket; (3) Evaluasi program SPP-SKS dilaksanakan untuk melihat ketercapaian tujuan penyelenggaraan program; (4) Aktor (pelaksana) yang berperan dalam penerapan program SPP-SKS meliputi aktor internal (Waka Kurikulum, Koordinator SPP-SKS, Wali Kelas, Guru pengajar, BK) dan aktor eksternal (Orang Tua Peserta didik dan Komite Sekolah).

Published
2022-06-23
Section
Articles
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 312